Gambar Mouse Gaming Admin ExC
Gambar Mouse Gaming Admin ExC

Untuk teman-teman yang aliran hidupnya sering streaming atau men-download film, pastinya sudah pernah mendengar (atau mungkin hanya membaca di dalam hati seperti saat ini) tentang nama-nama kualitas film, seperti film BluRay, HDTC, WebDL, dan sebagainya. Kualitas film yang akan sangat mempengaruhi kepuasan dalam menikmati film itu sendiri. Oleh karena itu, saya ingin memberi pencerahan tentang beberapa nama-nama ini sehingga teman-teman kemudian tidak menyesal kemudian dan wkwkwk kemudian, lelah untuk tetap ngunduh sampai tengah malam untuk memanfaatkan koneksi internet yang kencang, setelah di-download eh filmnya ditonton bahkan membuat sakit mata… pertobatan sejati. Nah ini dia penjelasan kualitas film yang mulai dari burik sampai sangat baik.

Untuk kualitas paling baik secara urut adalah, kualitas BluRay, WebDL, HDRip, HDTV.

Kualitas film yang cukup menyenangkan bagi mata dan telinga adalah DVDRip, WebRIP, HDTC, HDTS, HDCAM.

Selain kualitas di atas juga kualitas lain seperti DVDScr, CAM, TS dan kualitas TC. Untuk sebuah film horor yang biasanya ditonton dalam nuansa malam, rendahnya kualitas visual bisa bikin sakit mata karena terlalu buram seperti nonton awan, juga audio yang hanya mono dapat membuat nuansanya berkurang.

Setelah mengetahui urutan kualitas film, Berikut adalah penjelasan singkat tentang istilah-istilah ini:

Kualitas BluRay

Kualitas BluRay adalah kualitas film yang dihasilkan dari cakram atau disc BluRay duplikasi yang telah beredar di penjual resmi, oleh karena itu, memiliki gambar dan suara lebih jelas. Namun, ukurannya juga jauh lebih besar.

Kualitas WebDL

kualitas WebDL biasanya diunduh dari pemasok resmi yang dikeluarkan film secara online. Sebagai contoh: toko iTunes, Netflix, Hulu, dan lain-lain yang menyediakan siaran TV online. Umumnya, kualitas WebDL muncul sebelum Kualitas BluRay muncul.

Kualitas HDTV / HDTVRip / HDTC / HDTS

film seri sering menggunakan kualitas HDTV. Hampir seperti WebDL, kualitas film ini ditayangkan di TV online. kualitasnya hampir sama dengan WebDL, tetapi tetap di bawah WebDL.

Sementara HDTC, adalah film yang dihasilkan dari proses perekaman menggunakan alat untuk menggandakan film dari projector ke format digital atau biasa juga disebut Telecine, biasanya hasilnya memiliki kualitas HD.

Kualitas DVDRip, Webrip

Film ini adalah hasil penggadaan atau perkalian dari DVD asli dengan metode kopas. Terkadang terdapat subtitle bahasa asing yang sudah include di dalamnya, jadi mungkin agak sedikit mengganggu karena harus bertimpa dengan subtitle Indonesia yang kita letakkan di depannya.

Kualitas CAM

CAM adalah sebuah film yang dihasilkan dari rekaman menggunakan perekam video, bisa dengan telepon atau perekam video yang langsung di bioskop.

kualitas CAM sampai saat ini adalah kualitas terendah, tetapi kebanyakan dan sejauh ini, merupakan cara tercepat dengan ukuran file Paling rendah namun dengan negatif pada kualitas visualnya.

Penutup

Kalau ada yang kurang beres… boleh bilang di kolom komentar.