Hearts of Iron IV bisa dibilang sebagai game bertema WW2 yang paling realistis dan kompleks menurut kami. Berbeda dengan game-game strategi lain yang mengedepankan action, Hearts of Iron IV mengedepankan elemen strategi dan analisa. Elemen utama game ini membuat pemain harus berfikir lebih keras seperti menyusun rancangan unit di setiap divisi, mengatur keseimbangan produksi senjata, men-unlock teknologi senjata baru, hingga mengarahkan secara manual beberapa divisi ketika berperang. Karena itu saya memilih game ini sebagai game koleksi di laptop ane dan saya review sekarang. Berikut paparan saya mengenai review Hearts of Iron IV:

Gameplay saat mengatur divisi ketika Review Hearts OF Iron IV.
Sumber : www.instant-gaming.com

Gameplay Hearts of Iron IV

Game ini merupakan game bertema sandbox, jadi terserah player kalian mau memilih negara apa, menjadi apa, menguasai apa, dll. Apalagi tema sandbox ini didukung dengan berbagai macam Focus Tree, yaitu semacam arah tujuan negara yang dimainkan. Player benar-benar bebas dalam mengatur negaranya, Anda bisa membuat Nazi German memenangkan WW2, atau bahkan membuat seluruh negara didunia menjadi komunis!!! Sebenarnya jika sudah mempelajari game ini secara keseluruhan game ini tidak seribet yang dipikirkan player. Kebanyakan perintah akan dikerjakan secara otomatis oleh game, seperti menyusun garis depan, melancarkan serangan, dll. Jadi player tidak perlu khawatir akan diperintahkan menggerakkan setiap divisi satu persatu.

Ulasan Hearts Of Iron IV makin greged
Sumber : wargamer.com

Kelebihan

Elemen strategi dan analisis yang super dalam

gambar kontrol divisi yang gampang
Sumber : forum.paradoxplaza.com

Kelebihan utama dari Hearts of Iron IV menurut saya adalah elemen strategi yang sangat kompleks dan realistis membuat player bisa merasakan kondisi perang yang sebenarnya. Misalnya dalam pembentukan template divisi dibagi-bagi menjadi beberapa jenis. Contohnya adalah divisi panzer, infantri, divisi pasukan gunung, dan masih banyak lagi. Setiap divisi memiliki perannya sendiri-sendiri sehingga kita tidak bisa sembarangan dalam melakukan ofensif.

Kontrol pemain pada game yang dinamis

gamebplay yang terlihat saat saya mengulas HOI 4
Sumber : forum.paradoxplaza.com

Maksud saya kontrol yang dinamis adalah campur tangan pemain dalam suatu operasi militer yang fleksibel, alias player bisa mengkontrol penuh jalannya suatu operasi militer atau player bisa membiarkan game mengerjakan operasi militer yang player inginkan atau bahkan player bisa membantu jalannya operasi militer dengan mengontrol beberapa unit misalnya untuk memotong jalur logistik pasukan,dll.

Kekurangan

Berkurangnya performa game pada tahun-tahun akhir.

Penampakan China di HOI 4
Sumber : reddit.com

Kita bisa lihat gambar diatas, kira-kira berapa jumlah divisi yang ada dalam layar tersebut? Sulit sekali bukan menghitungnya? Yang kesulitan bukan kita saja, PC kita pun kesulitan dalam memproses divisi segini banyaknya. Bayangkan dalam 1 detik processor kita diharuskan memproses puluhan aluran pertempuran, persentase kerusakan unit disetiap divisi, persentase kerusakan infrastruktur wilayah, dll. Tidak heran game ini benar-benar rakus akan processor membuat game ini kurang cocok dimainkan berlama-lama terutama jika kalian gamer low-mid-end pc seperti saya, hehe…

Penutup (Dibaca: Pembuka Komentar)

OK mungkin itu beberapa poin yang bisa saya ambil dari Review Hearts of Iron IV. Jika terdapat poin yang menurut kalian kurang setuju, silahkan komen dibawah. Admin pengen banget tahu bagaimana pendapat kalian masing-masing. Saran saya kalian lanjut baca Review Assassin’s Creed IV Black Flag.