Ilustrasi menghapus file blob.
Penggambaran kreatif menghapus file blob

Ketika kalian membongkar isi folder MIUI pada perangkat android dari ibu besar produsen hape apple-nya china, disana terdapat file-file aneh yang memenuhi folder tersebut. Salah satau dari file tersebut adalah file dengan ekstensi blob. File ini membuat penasaran apakah penting atau tidak, karena beberapa file blob memiliki ukuran yang tidak mini. Karena itu, jika file ini tidak berguna (file cache) lebih baik file-file yang dianggap sampah ini dibuang.

Menghapus File BLOB Menurut Pengguna Xiaomi Kebanyakan

Memang banyak pengguna hape xiaomi yang telah memilih menghapus file-file aneh yang ada di hapenya, termasuk file dengan ekstensi blob. Kebanyakan dari mereka tidak merasakan dampak negatif dari menghapus file-file jenis ini.

Pada forum mi sudah pernah dibahas tentang hal ini. Sayangnya, pada thread kali ini brlum ada pihak ahli mi yang membalas thread. Ternyata, banyak dari end-user yang membalas thread ini telah berpengalaman dalam menghapus file-file blob ini. Contoh dari file yanh dibahas adalah file photo.blob.0 yang ternyata menurut relawan xiaomi pada thread ini, file ini hanya cache thumbnail bekas membuka galeri.

Semua dari mereka yang kerap menghapus file jenis ini apda MIUI mereka juga menganggap tidak adanya gangguan atau kerusakan sistem akibat perbuatan jempol mereka ini dan mereka masih dengan normal menggunakan smartphone mereka.

Menghapus File BLOB Menurut Ahli

Sebenarnya apa sih file .blob itu? Penjelasan itu saya ringkas agar simpel dan mudah dipahami saja pakai bahasa manusia (bukannya bahasa komputer). File .blob diakui sebagai kembangan dari perusahaan Valve Steam sebagai file kompresi untuk menyimpan data berisi informasi biner maupun teks biasa. Dalam Xiaomi sendiri terdapat 2 jenis file blob:

  • .blob.0 merupakan file kompresi yang sudah ada sejak zaman purbakala, lebih tepatnya zaman adanya Sistem Operasi MS-DOS. File ini digenerasikan oleh perangkat lunak DoubleSpace. Tujuannya agar file dapat dikompresi dan penyimpanan dapat memuat lebih banyak informasi. Informasi yang terkandung dalam file ini adalah informasi biner.
  • .blob.1 merupakan jenis blob yang berisi teks biasa namun terkompresi menjadi lebih ringan ukuran bita/ramah penyimpanan.

Menurut informasi ilmiah, menghapus file blob apda MIUI hanya akan mengurangi kecepatan load galeri pertama kali dibuka saja. Karena yang dihapus ini adalah file cache.

Kesimpulan

Untuk kalian yang penyimpanannya mau meledak karena penuh, menghapus file-file seperti ini secara rutin tidaklah apa-apa. Namun, jika penyimpanan kalian masih aman, lebih baik file ini tidak kalian hapus agar performa hape kalian selalu optimal. Apalagi ini file memang digenerasikan oleh software resmi MIUI sendiri.