Domain Name Masking
Domain Name Masking

Penyembunyian nama domain atau domain name masking (ada juga yang menyebutnya domain masking) memungkinkan Anda menampilkan satu URL di bilah alamat peramban, sementara konten situs web lainlah yang sebenarnya dimuat pada tab peramban tersebut. Jadi seperti ini, ketika seseorang membuka situs web Anda (sebagai contoh iniDOMAINkamu.com), akan terlihat domain Anda ditampilkan di bilah alamat peramban. Sementara situs yang sebenarnya dimuat adalah domainKAMUyangLAIN.com.

Sebelum kita masuk kepada langkah-langkahnya saya ingin kalian memahami beberapa hal sebentar. Perlu diketahui bahwa ada berbagai cara untuk melakukan domain name masking. Namun, ini adalah cara termudah yang saya ketahui selama saya bergelut di dunia ini. Umumnya, domain name masking digunakan untuk pemilik web yang memiliki dua nama domain yang menginginkan kedua domaijn name tersebut menampilkan halaman web yang sama. Namun masih banyak lagi tujuan penggunaan domain name masking. Karena tehnik ini memiliki keunggulan yaitu mudah dalam instalasi, tentu tehnik ini memiliki kekurangan. Kekurangan dari cara ini adalah penyembunyian nama domain ini bersifat atau ditujukan untuk masking pada laman web yang statis. untuk bisa menggunakannya secara dinamis, perlu ditaburkan beberapa bumbu atau cara lain yaitu penggantian beberapa url dengan variabel khusus.

Untuk bisa melakukan domain name masking di atas, file index.html dengan kode berikut harus ditempatkan di folder utama/root untuk iniDOMAINkamu.com:

<html>
<head>
<title>Judul Laman</title>
<meta name=”description” content=”Deskripsi”>
<meta name=”keywords” content=”Katakunci1, Katakunci2″>
</head>
<frameset rows=”100%,0″ border=”0″>
<frame src=”http://domainkamuyanglain.com” frameborder=”0″>
<frame frameborder=”0″>
</frameset>
</html>

Cara diatas adalah cara termudah untuk melakukan domain name masking. Yang diperlukan hanyalah sebuah file index.html seperti diatas. Untuk referensi kalian bisa baca Persiapkan Diri Untuk Menikmati 5G di Tahun 2019. Silahkan kalian berkomentar dan bertanya dikolom yang saya sediakan dibawah.