Pertama kali saya tahu aplikasi ini adalah ketika melihat iklannya saat saya menonton video di youtube. Jujur saja iklannya sangat menggiurkan apalagi bagi hape dengan penyimpanan internal kaleng-kaleng. Karena itu saya mencoba aplikasi ini dan berbagi di excampur.com. Jadi inilah review aplikasi files by google. (Awalnya ga nyangka bakal bisa bersih internal hape sampai 5GB)

Tentunya hal pertama yang harus saya punya adalah hape yang penyimpanan internalnya mulai mendidih di angka 90 persenan. Setelah saya dapat, yaitu hape saya sendiri 😀 (Teruji kentangnya) tinggal saya eksekusi tombol install untuk aplikasi ini pada layanan play store.

Dari 90% (1GB) Kosong Menjadi 60% (6GB)

Sisa ruang pada internal hape ini sudah saya cek sebelum melakukan pembersihan dengan aplikasi ini. Ruang yang tersisa yaitu hanya 1GB-an. Tentunya pada tingkat seperti itu hape akan mulai mengalami perlambatan yang secara khusus perlambatan baca tulis data. Setelah saya install aplikasi ini, efek kecerdasan aplikasi ini langsung kerasa. Maklumlah aplikasinya Google :D.

Pertama kali install dan buka-buka aplikasi ini sudah terlihat betapa mudahnya. Juga betapa cerdasnya aplikasi ini memilih file yang dikira cache atau sampah. Jika memang kalian mau bersih-bersih total, kalian bisa bersihkan saja dengan menggunakan semua opsi pilihan pembersihan yang ada seperti foto kembar, file sampah aplikasi, dsb. (Baca juga: Cara Laptop Kentang Kuat Main AWVSSAO).

Kalau saya hanya menggunakan fitur memindahkan foto dan video di penyimpanan internal ke eksternal yang sudah membuat internal saya longgar 5GB-an. Untuk lebih lanjut pengalaman pemakaian aplikasi ini sudah saya buat videonya di channel youtube ExCampur. Silahkan Cek.

Artikel kali ini saya bagikan juga dengan tujuan untuk saling berbagi pengalaman rasanya memakai aplikasi files by google yang bisa korek-korek internal hape sampai 5GB ini. Mungkin di hape berbeda bakal bisa membersihkan dengan jumlah yang berbeda pula. Jadi silahkan gunakan kolom komentar dan bagikan artikel ini agar banyak orang yang dapat merasakan manfaatnya. Salam ExC.