Thumbneil_AWVSSAO_GAMERKEREHORE
Thumbneil_AWVSSAO_GAMERKEREHORE

Accel World Versus Sword Art Online atau disingkat AWVSSAO ini adalah game yang baru rilis pada tahun 2017 kuarter ketiga. Game ini mengundang banyak keinginan para penggemar kedua serial anime ini. Game ini menceritakan tentang dunia game virtual dan dunia game terakselerasi yang tertumpuk atau bertabrakan menjadi satu akibat ulah seorang penyihir yang datang dari masa depan untuk membawa bencana untuk Kirito, Kuroyukihime-senpai, dan seluruh rekan-rekan mereka. Saya tidak akan membahas bagaiman cerita game ini secara detail. Melainkan saya berusaha memberitahukan pada kalian bahwa game ini bukan kaleng-kaleng. Game ini bukanlah game kentang yang dapat kalian mainkan di komputer dengan processor intel pentium. Game ini termasuk game berat untuk genre anime. Mengapa berat? karena minimum system-nya adalah Nvidia Geforce GTX 970 (juga monitor dengan teknologi true color) yang harganya bisa melebihi angka 5 juta rupiah. Mengingat judul pos ini, Cara Laptop Kentang Kuat Main AWVSSAO. Jadi akan saya jelaskan ala #GamerKereHore.

Ini Bukan Review Game Sultan Melainkan Review Ala #GamerKereHore

Tenanglah wahai Netizen yang budiman. Disini saya membawa kabar gembira bahwa game ini masih bisa dimainkan dengan lancar tanpa grafis yang terlalu membuat sakit mata. Ingat bahwa semua yang kalian lakukan adalah pengubahan file sistem dari game ini yang akan berdampak langsung pada game ini. Jadi lakukanlah dengan tanggung jawab kalian. Disini saya melakukan percobaan untuk mencoba menggunakan settingan yang tidak disediakan pengembang game ini padahal masih memungkinkan :D.

Hanya Perlu Text Editor Bisa Main Lancar

Langsung saja menuju inti pembahasan. Disini satu-satunya software atau alat dan bahan yang kita perlukan hanyalah software text editor (seperi Brackets, Notepad++, dll). Pada percobaan ini saya menggunakan software bawaan Windows 10 yaitu Notepad yang biasa. Notepad ini juga ada pada tiap keluaran Windows bahkan pada Windows XP juga ada.

Awalnya saya mencoba menggunakan settingan rata kiri atau grafis paling rendah untuk memainkan game ini. Namun sangat terasa lag dan glitch yang terlihat layar yang sangat parah. Setelah saya analisa penyebabnya, ternyata resolusi grafis yang terlalu besar sangat memukul performa processor dimana setelan terendahnya adalah 1080p. Ini juga terasa mubadzir atau sia-sia karena monitor laptop saya hanya memiliki resolusi 1366p panjang dengan lebar 768p. Untuk itu saya rasa setelan paling ideal adalah pada resolusi 720p. Dan setelah saya coba ternyata hal ini memang benar. Setelan 720p memiliki tampilan yang sangat indah di monitor dengan performa yang tidak lag dan glitch.

Namun saya akan mencoba settingan terendah yang masih mungkin untuk dimainkan yaitu 480p. Pada setelan ini, laptop saya bekerja sangat lancar dengan Frame Rate per Second atau FPS yang sangat stabil. Ditandai dengan kinerja grafis yang lancar. Lebih lancar daripada setelan 720p yang sudah lancar. Saya rasa settingan 480p adalah setelan yang cocok untuk pemirsa semua jika kalian memiliki processor yang lebih lemah daripada laptop ini.

Laptopnya Jauh Dibawah Minimum System AWVSSAO

  • Processor: Intel(R) Core(TM) i3-6006U CPU @ 2.00GHz (4 Core)
  • RAM/Memory: 4 GB.
  • Kartu Grafis: Intel HD 530.
  • Penyimpanan: Harddisk 500GB 5400rpm.
  • Model Laptop: HP 250 G5 Notebook PC.

Jika dibandingkan dengan minimum system requirement atau kebutuhan sistem minimum dari game ini. Saya rasa yang bisa mendiskripsikannya adalah kalian cek minimum systemnya di web steam-nya disini. Kalian juga bisa lihat minimum systemnya pada gambar dibawah.

Minimum_system_awvssao
Minimum_system_awvssao

Cara Dasar Untuk Mengedit File Setelan Grafis Game

Disini kita akan mulai menjadi #GamerKereHore yaitu dengan ciri khasnya selalu mengutamakan performa daripada kualitas grafis :D. Langkah-langkah melakukan tweaking adalah sebagai berikut:

  1. Buka file .txt pada folder C:\Users\*Username PC Kalian*\AppData\Local\Accel World vs. Sword Art Online degan software text editor apapun. Namun disini saya menggunakan notepad biasa.
  2. Langsung saja edit pada width dan height pada bagian screen maupun display menjadi seperti ini (Pilih salah satu untuk screen maupun display):
    • Width=1280 dan Height=720 (disarankan untuk Prox intel core i3)
    • Width=854 dan Height=480 (disarankan untuk intel celeron)
    • Width=640 dan Height=360 (disarankan untuk intel atom)
  3. Selesai. Kalian resmi jadi #GamerKereHore :D.

Jika kalian tidak ingin ribet mengedit file, kalian bisa download semua file settingannya disini. Untuk kalian yang mau lihat caranya lebih detail, kalian bisa lihat video dibawah ini.

Silahkan bertanya dengan memanfaatkan kolom komentar. Saya sangat ingin melihat seperti apa tanggapan kalian semua. Sampai jumpa lagi. Salam ExC.