Halo agan-agan semua, kali ini ane mau share ilmu tentang pengertian genre Game lagi ya gaes, karena ilmu itu nggak selalu pelajaran :v OK jadi kali ini ane mau share ke kalian tentang beberapa jenis/macam genre yang ada di game. Kadang kalian ketika ingin mendownload game, kadang kalian mendengar apa itu genre Strategy, FPS, MMORPG, RPG, RTS, dll. Nahh disini kita bakal bahas satu persatu makanan apa sih itu? Ini adalah semua genre game dan pengertiannya part 1. Jadi untuk part berikutnya silahkan dicek di artikel lainnya :D. Langsung aja dah.

1. Strategy

Genre Strategy adalah genre game yang memiliki gameplay dimana kita ditugaskan untuk mengendalikan suatu pasukan dengan strategi yang bisa kita keluarkan untuk mengalahkan musuh atau memenangkan game.Strategy sendiri dibagi menjadi dua yaitu :

A. RTS (Real Time Strategy)

Genre ini merupakan jenis genre Strategy dimana kita bisa mengendalikan suatu pasukan,dll secara langsung untuk memenangkan permainan. Beberapa contoh dari game yang menerapkan gameplay seperti ini adalah : Heart of Iron 4, Age of Empires 4, Europa Universalis 3, Dll. (Baca juga: 5 Hero Assasin Terbaik Di Mobile Legends).

B. Turn Based Strategy (TBS)

Genre ini sama seperti genre RTS namun, disini kita memainkan pasukan kita secara berurutan/bergantian dengan player lain baik NPC maupun player Asli. Beberapa contoh dari game yang menerapkan gameplay seperti ini adalah : Civilization V, Age of Civilization 2, Total War Series (Rome,Atilla,Napoleon,Dll)

2. Racing

Genre ini bagi kalangan gamer indonesia udah nggak asing lagi ya, apalagi dengan adanya game legendaris yang hampir semua gamer pernah mainin yaitu Need for Speed :D. Sesuai namanya, Racing Game adalah game yang memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan. Contoh game-game yang memiliki genre seperti ini adalah : Forza Horizon 4, Need for Speed Most Wanted, The Crew 2, Dll.

3. Arcade

Genre arcade adalah genre yang tidak terlalu memfokuskan ke jalan cerita atau tujuan, melainkan hanya dimainkan untuk melepas penat/stres atau mencetak score tertinggi.

4. Fighting

Genre satu ini adalah genre dimana kita di suruh berkelahi dengan musuh sampai salah satu dari kita atau musuh mati/KO. Pemain biasanya dapat mengeluarkan jurus pamungkas yang sudah menjadi ciri khas game Fighting pada umumnya. Game yang mengusung genre Fighting adalah : Mortal Kombat Series, Street Fighter Series, Tekken, Bloody Roar, Dll.

Gambar Untuk Pengertian Genre Game Mortal Kombat
Gambar Untuk Pengertian Genre Game Mortal Kombat

5. RPG (Role Playing Game)

Genre ini mengusung fitur yang mengandung unsur leveling dan exp dalam gameplay-nya. Kebanyakan game ini memiliki fitur open world atau menjelajah dunia luar dan ending dari game ini kebanyakan tidak menentu karena kita sendiri yang menentukan jalan cerita player kita. Game yang mengusung genre ini adalah : Mount & Blade : Warband, Minecraft, The Elder Scrolls V : Skyrim, Dark Souls III, Dll. (Baca juga: Mudah Membuat Link Subscribe Youtube Hanya 2 Klik).

Gambar Genre Game Dan Pengertiannya Skyrim
Gambar Genre Game Dan Pengertiannya Skyrim

OK, mungkin itu aja dari ane untuk kali ini bakal ada part 2 untuk post kali ini dikarenakan topik yang akan dibahas cukup lama jadi ane selesaiin disini dulu :D. Untuk baca lanjutannya silahkan baca Jenis Genre Game Beserta Pengertiannya Part 2.