Kali ini saya akan membahas tentang game Mobile Legends Bang Bang (MLBB) yang ramai ini. Tahukah kalian bahwa game ini telah melewati perjuangan panjang untuk mencapai titik dimana game ini menjadi game terpopuler di google play store? Karena itu mimin sangat bersemangat untuk membagikan artikel ini. Kali ini mimin akan membagikan cerita tentang pembuatan MLBB atau Jatuh Bangun Pengembangan Mobile Legends. Sebelum itu mimin bakal menjelaskan secara singkat apa itu mlbb.

Penjelasan Singkat Apa Itu MLBB (Mobile Legends: Bang Bang)

Mobile Legends Bang Bang adalah sebuah permainan yang berjenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang diciptakan dan dikembangkan oleh Moonton. Mobile Legends 5v5 MOBA adalah nama terdahulu game ini yang sekarang berubah menjadi Mobile Legends Bang Bang. Mobile Legends Bang Bang ini adalah permainan yang dirancang dan dibuat untuk ponsel atau mobile. Tujuan dari game ini adalah untuk menghancurkan base musuh dengan mengandalkan kerjasama antara tim dan kekompakan tim dalam bermain. Juga melindungi base kita dari kehancuran yang disebabkan musuh dengan menjaganya. Kedua tim lawan ini berjuang untuk mencapai dan menghancurkan base musuh sambil mempertahankan base mereka.

Lokasi utama pada setiap map 5V5 permainan ini terbagi menjadi 3 jalur yaitu top lane (jalur atas), middle lane (jalur tengah), dan bottom lane (jalur bawah). Masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Masing-masing pemain mengontrol atau mengendalikan avatar yang biasa para playernya sebut dengan “Hero”. Ada yang namanya Minion yaitu peran pasukan dengan bentuk kurcaci-kurcaci kecil yang keluar dari tiap basis (base) terbagi rata untuk tiap jalur dengan tujuan membantu para player melawan towerhero lawan, dan minion lawan.

Cerita Perjuangan Pengembangan Mobile Legends: Bang Bang

Pada tanggal 11 Juli 2017, terjadi kontroversi hak cipta yang diajukan oleh Riot Games. Perusahaan ini adalah pengembang game yang mengembangkan dan menerbitkan permainan PC yang berjudul League Of Legends. Pihak Riot Games menggugat pengembang Mobile Legends Bang Bang yaitu Shanghai Moonton Technology ke Pengadilan Negeri California karena telah melanggar beberapa merek dagang dalam permainan tersebut. Gugatan tersebut didasarkan atas dugaan pelanggaran atas kekayaan intelektual melalui permainan video yang mereka kembangkan yaitu Magic Rush Heroes. Pelanggaran tersebut antara lain mengenai aspek logo, karakter, rancangan pada peta, rancangan pada hero, dan rancangan pada monster jungle. Mereka pun melengkapi surat gugatan dengan ilustrasi untuk memperlihatkan aspek-aspek pelanggaran kekayaan imtelektual yang dilakukan oleh pihak Moonton. (Baca juga: Jangan Pakai Hero Ini Untuk Ranked Di Mobile Legends).

mobile-legends-chou-portrait
mobile-legends-chou-portrait jaman doeloe

Moonton kemudian mengunggah postingan pada Facebook yang menyatakan bahwa”hak ciptanya telah terdaftar dan dilindungi di banyak Negara di seluruh di dunia”. Selanjutnya Moonton mengklaim bahwa pihaknya memiliki hak kekayaan intelektual atas semua itu. Lalu pihak Moonton mengancam tindakan hukum terhadap media dan pesaingnya karena menyebarkan informasi palsu tentang Moonton dan permainannya.

Seiring berkembangya waktu, Mobile Legends mulai terkenal dan digemari untuk dimainkan oleh masyarakat. Sampai-sampai akhirnya Mobile Legends mendapat peringkat game terpopuler di play store. Namun sekarang telah tergeser oleh game survival atau lebih tepatnya game-game bergenre battle royale seperti PUBG MOBILE. Mungkin dikarenakan sekarang mulai banyaknya pemain-pemain yang tidak memperhatikan etika dan menjadi pemain yang sekarang sering dibilang “bocah” yang bermain di Mobile Legends. Walaupun seperti itu semangat buat yang main Mobile Legends. Jangan pernah menyerah jika ingin mencapai yang kau inginkan ke tier tertinggi yaitu Mythic :D.

Kesimpulan

Oke mungkin ini dulu pembahasan mimin kali ini tentang Jatuh Bangun Pengembangan Mobile Legends. Jadi ingatlah bahwa semakin tinggi suatu pohon tentu semakin kencangangin yang menerpa. Jangan bingung lagi sampai tanya-tanya apa itu mlbb ya gais :D. Pada kesempatan berikutnya mimin akan membahas tentang item-item yang ada di Mobile Legends. Bagikan ke teman kalian agar teman-teman kalian dapat mengetahui info ini. Silahkan komentar dibawah oke 😀 Salam ExC.