komunis_adalah
komunis_adalah

Kebanyakan orang, khususnya di Indonesia pasti geger jika mendengar kata ini, apalagi jika melihat gambar diatas. Yapp, di negeri kita yang tercinta ini, lambang palu arit menjadi lambang yang sangat tabu, bahkan ketabuannya melebihi lambang nazi. Kebanyakan orang pasti langsung berpikir ke arah Atheis DLL.

PENGERTIAN

Komunisme kurang lebih adalah sebuah ideologi ekonomi politik, yang diciptakan oleh Karl Marx. Pada awal kelahirannya, komunis tercipta sebagai perlawanan terhadap sistem kapitalis. Lambang Palu Arit berarti kemajuan dibidang industri dan pertanian. Palu mewakili industri, sedangkan arit mewakili pertanian.

Masih pusing dengan penjelasan ane?? Ane simpelin aja dahh. Jadi dulu itu ada 3 posisi di dalam sistem ekonomi negara yaitu :

Borjuis/kapitalis: Orang yang memiliki alat produksi (pemilik pabrik, bos pabrik)
Proletar : Orang yang bekerja kepada Borjuis (buruh)
Alat Produksi : Alat untuk menhasilkan produk (mesin pembuat sepatu, mesin pencetak kertas)

Kenapa dulu para komunis menentang sistem kapitalis? Ini terjadi karena kaum protelar  merasa diperlakukan tidak adil oleh para kaum borjuis. Karena tenaga yang di keluarkan para buruh sangatlah besar namun tidak sepadan dengan gaji yang diberikan, keuntungan kebanyakan masuk ke kantong para borjuis.

Nahh pertanyaannya kenapa kok bisa gitu ?? Ini dikarenakan yang memiliki alat produksi adalah para borjuis, nahh otomatis karena yang memiliki alat produksi adalah borjuis berarti suka-suka mereka dongg. Padahal, pada zaman sebelum revolusi industri, para buruh harus bekerja paling tidak 18 – 20 jam sehari, padahal satu hari hanya ada 24 jam. Hal ini menyababkan kaum proletar sangat bergantung pada kaum borjuis. Kaum proletar sengsara, tapi lebih sengsara lagi jika tidak berkerja. Dengan kata lain, para proletariat tidak memiliki pilihan lain selain bekerja pada kaum borjuis.

SIMPULAN

Pada sistem ekonomi komunis, tidak ada yang memiliki alat produksi. Semua alat produksi dikuasai oleh negara. Negara dalam artian adalah “rakyat”, yang dimana rakyat tersebut membuat sebuah partai, yang dimana partai tersebut menguasai seluruh alat produksi di negara tersebut. Dalam negara komunis biasanya hanya memiliki satu partai (single party state). Jadi, tidak ada bos dalam sistem ekonomi komunis.

Yang memiliki alat produksi adalah rakyat, dan yang menjadi pekerjanya adalah rakyat juga, sehingga keuntungan dari hasil produksi tersebut akan dibagikan sama rata kepada rakyat. Jadi mottonya kurang lebih “dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat”. Disini mulai terdapat titik terang, bahwa yang dimiliki oleh negara/bersama adalah alat produksi, bukan segalanya seperti mobil, motor, anak, istri. Sedangkan untuk prinsip sama rata adalah, bahwa tidak ada kaum borjuis yang kaya dan proletariat yang miskin, karena alat produksinya dimiliki bersama, sehingga penghasilannya pun dibagi secara rata.

SATU LAGI !!!!!

Banyak yang berpendapat bahwa Komunis adalah Atheis. Dua kata tersebut memiliki definisi yang berbeda. Kurang lebih seperti ini definisinya:

– Komunis: Ideologi ekonomi politik, yang mengatur cara berjalannya ekonomi suatu tempat/negara.
– Atheis : Ideologi dalam diri seseorang, yang cenderung tidak percaya akan adanya agama dan Tuhan

Nah, jadi komunis dan atheis itu berbeda. Tapi kenapa bisa ada pemikiran bahwa komunis adalah atheis? Sang Bapak Komunis Karl Marx memang pernah mengatakan bahwa “Agama adalah Candu”, yang maknanya kurang lebih seperti ini, bahwa manusia itu kebanyakan berdoa kepada Tuhan, berharap dikasih rejeki sehingga malas bekerja. Tapi bukan berarti komunis harus atheis, hanya saja orang orang komunis berpendapat bahwa agama bukan sesuatu aspek yang penting, yang sebaiknya menjadi urusan pribadi saja. Jadi intinya, kalo komunis itu terserah mau punya agama atau tidak.

Inspirasi :v : KASKUS

Oke mungkin segitu aja penjelasan dari ane, mungkin lain kali ane bakal bikin sejarahnya sistem komunis di dunia 😀