Gambar IoT ImBIOS
Projek ImBIOS

Seperti yang dikutip dari trendtek.republika.co.id dan beberapa sumber lain. ‘Presiden Direktur McKinsey and Company Indonesia, Phillia Wibowo mengatakan pentingnya sektor Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) untuk masa depan Indonesia. “Masa depan Indonesia bergantung pada inovasi di bidang teknologi yang menghubungkan, menginformasikan, mendidik, dan mendukung aspek kehidupan masyarakat serta mengangkat performa dunia usaha lokal,” kata Phillia di Jakarta, Senin (9/3).

Ia mengatakan, apabila dapat memajukan inovasi di bidang teknologi, maka Indonesia akan memiliki panduan holistis atas keseluruhan dalam memanfaatkan sektor TIK guna memaksimalkan potensi sosial ekonomi negara ini. “Sektor TIK yang dinamis sudah menunjukkan kontribusinya terhadap pemerataan pembangunan serta sektor publik yang lebih transparan dan efisien,” katanya.

Menurut Phillia, mulai dari sektor keuangan, pertanian, pendidikan, kesehatan, kesenjangan antar daerah dan kualitas kehidupan, pertumbuhan ekonomi, dan pengembangan keterampilan, TIK telah menunjukkan peran yang sangat penting untuk masa depan Indonesia.

“Oleh karena itu, fokus terhadap pengembangan sektor TIK dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi Indonesia di masa yang akan datang,” tuturnya.

Untuk itu, Indonesia perlu melakukan terobosan agar secara efektif dapat mempercepat pendayagunaan TIK yang potensinya sangat besar melalui pendidikan dengan memasukkannya ke dalam kurikulum sekolah sebagai mata pelajaran. TIK penting sebagai mata pelajaran sesuai dengan dokumen naskah akademik mata pelajaran TIK dalam kurikulum 2006 yang telah ditandatangani kepala pusat kurikulum pada saat itu.

Tetapi kita cukup beruntung, karena di saat pemerintah cenderung abai pada guru-guru buta Information Comunication and Technology (ICT), muncullah orang-orang dan komunitas-komunitas nirlaba yang peduli. Mereka bergerak, turun langsung ke sekolah-sekolah, menyebarkan virus ngeblog kepada guru-guru di berbagai pelosok, menulis dan sharing tentang pentingnya TIK bagi guru dan kemajuan pendidikan negeri ini.

Untuk itu, kami juga menggerakkan gerakan “Manfaat Demokrasi Dengan ICT” dengan membuka pendaftaran menjadi user di ExCampur ini. AYO DAFTAR DISINI! Dengan menghubungi kami.