Halo gan,kadang ketika kita mau download anime atau film ukurannya terlalu besar dan bikin HDD kita penuh. Permasalahan kayak gitu bisa diatasi dengan cara mengecilkan ukuran video-nya. berikut :

Di artikel kali ini kita bakal bahas tentang software bernama Handbrake.Ane bakal kasih tahu ke kalian cara gunain software ini.Langsung aja simak penjelasan berikut ini:

  1. Kalian download dulu aplikasi Handbrake melalui link berikut : LINK
  2. Install Handbrake-nya, tinggal next-next gitu aja kok 😀

  3. Setelah kalian selesai meng-install Handbrake, buka aplikasi Handbrake.
  4. Setelah itu kalian pilih File di pojok kiri atas, lalu pilih Change Source.Setelah kalian klik tab tersebut maka hasilnya akan seperti ini :
  5. Setelah itu kalian pilih File.
  6. Lalu kalian tinggal pilih video mana yang akan kalian kecilkan.Ane bakal gunain video Rome Total War yang ane rekam sendiri.
  7. Bisa kalian lihat disini ukuran video ane 323 MB.
  8. Setelah kalian pilih videonya maka Handbrake akan langsung meng-scan videonya.

     

  9. Setelah loading selesai maka akan muncul tampilan seperti ini.
  10. Setelah itu kalian klik bagian Browse.
  11. Atur dimana kalian akan menaruh hasil videonya.

     

  12. Lalu klik save.
  13. Setelah itu kalian tinggal klik Start Encode
  14. Kalian tinggal tunggu Aja Handbrake mengkompres videonya.
  15. Setelah proses selesai kalian langsung menuju ke direktori file yang sudah kalian tentukan tadi.Ane bandingin awal dan sesudah menggunakan Handbrake.

Nahh,itu dia caranya untuk mengecilkan ukuran video, bisa kita lihat kalau ukuran video sesudahnya menjadi 266 MB, hasilnya cukup signifikan yaitu sekitar 100 MB, kalau ukuran video kalian lebih besar misalnya 1-2 GB hasil yang diperolehpun bisa sampai setengah GB atau lebih.OK mungkin segitu aja dari ane, semoga bermanfaat 😀